cara cetak foto polaroid
KOMPUTER

Cara Cetak Foto Polaroid

Cara Cetak Foto Polaroid – Hai sobat sukses, apa kabar? Baik kan… Untuk artikel kali ini saya bahas tentang Cara Cetak Foto Polaroid. Aplikasi yang saya gunakan disini adalah CorelDraw. Ok langsung saja … cekidot …

#Gambar Polaroid

Gambar / Foto Polaroid adalah foto yang diambil dengan kamera polaroid atau kamera langsung jadi yang bisa langsung dicetak di dalam kamera dengan kertas khusus yaitu kertas polaroid.

Kamera Polaroid banyak digunakan pada jaman dahulu sebelum beredarnya kamera digital seperti sekarang ini. Ukuran standar foto polaroid adalah 7,7 x 9,3 cm. Tetapi pada jaman sekarang foto polaroid memiliki ukuran yang berbeda karena menyesuaikan jaman.

Baca juga : Ukuran Kertas

#Cara Cetak Foto Polaroid

Pertama sobat buka dulu aplikasi CorelDraw nya, setelah itu kita buat ukuran foto polaroid menggunakan Rectangle Tool, ukuran yang saya gunakan kali ini adalah ukuran standar yang kerap digunakan untuk foto polaroid yaitu ukuran 7,7 x 9,3 cm.

Tetapi karena jaman sudah berubah sobat bisa menggunakan ukuran foto 2R, 3R, 4R sesuai selera sobat.

Setelah itu kita buat lagi kotak untuk bagian dalam tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dan bagian bawah lebih lebar.

#Cara Import Foto di CorelDraw

Lalu masukan gambar / foto yang akan dicetak dengan cara klik File. Pilih Import terus cari gambar / foto lalu klik OK, atau bisa juga menggunakan cara drag gambar / foto yang akan dicetak langsung ke CorelDraw.

Setelah itu, kita tinggal memasukan gambar / foto ke kotak bagian dalam agar pas ke bagian kotak dan membentuk polaroid. Cara memasukan foto adalah dengan cara klik gambar / foto, pilih menu Object – PowerClip – Place Inside Frame lalu arahkan kursor ke kotak bagian dalam.

Atau bisa juga dengan cara lain yaitu klik kanan pada gambar / foto pilih  PowerClip Inside lalu arahkan kursor ke kotak bagian dalam.

Selanjutnya tampilannya akan seperti ini.

Baca Juga : Cara Memperbesar Ukuran Foto

Yang jadi pertanyaannya adalah kok fotonya tidak full / penuh sih tapi ke potong. Solusinya adalah dengan cara klik kanan foto terus pilih Edit PowerClip atau bisa juga tekan Ctrl sambal klik kiri dua kali.

Setelah itu sesuaikan ukuran foto dengan frame agar terlihat penuh. Dan hasilnya akan seperti ini.

Terus klik Finish Editing PowerClip, hasilnya akan seperti ini.

cara cetak foto polaroid

Sobat lihat, kotak bagian dalam masih terlihat garis kotak, untuk menghilangkan garis kotak tersebut sobat tinggal klik foto terus arahkan kursor ke menu Pallete disebelah kanan lalu klik kanan pada tanda silang.

foto polaroid

Bila sudah, hasilnya akan seperti ini.

Sudah jadi bukan, tinggal kita cetak.

Bila sobat menginginkan variasi sobat juga bisa memberikan background pada kotak bagian luar agar terlihat lebih menarik dengan cara yang sama ataupun sobat juga bisa menambahkan tulisan untuk mempercantik foto polaroid.

Baca Juga : Cara Ganti Background Foto

#Ukuran Foto

Selain ukuran standar, Foto Polaroid juga bisa disesuaikan dengan ukuran foto biasa, karena sekarang jaman sudah canggih dan serba komputer sehingga foto polaroid sekarang sangat beragam dan bervariasi termasuk ukuran foto polaroid.

Berikut adalah beberapa contoh ukuran foto.

  • 2R memiliki ukuran 5,6 x 8,9 cm
  • 3R memiliki ukuran 8,9 x 12,7 cm
  • 4R memiliki ukuran 10,2 x 15,2 cm
  • 5R memiliki ukuran 12,7 x 17,8 cm
  • 8R memiliki ukuran 20,3 x 25,4 cm

Baca Juga: Ukuran kertas F4

#Harga Cetak Foto

Harga cetak foto polaroid sangatlah beragam, tergantung ketentuan dari percetakan dan harga standar suatu daerah. Jadi saya tidak bisa menjabarkan berapa harga cetak foto polaroid.

Itulah sekilas info tentang cara cetak foto polaroid, semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya sobat…

Sekian…

7 Replies to Cara Cetak Foto Polaroid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *