cara membuat barcode
APLIKASI, INTERNET, KOMPUTER

√ 3 Cara Membuat Barcode : Menggunakan CorelDraw, Online, Aplikasi

Cara Membuat Barcode – Sobat pernah berbelanja di supermarket dan sobat bila hendak membayar di kasir pasti melihat kasir menscan sesuatu di kemasan produk yang sobat beli. Itu adalah barcode. Barcode adalah sebuah pola geometris yang mempunyai bentuk vertikal biasanya berupa garis vertikal. Fungsi barcode biasanya untuk menandai sebuah produk.

Barcode pada sebuah produk biasanya sudah terhubung dengan komputer sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi barang dan harganya. Cara membaca barcode dengan menggunakan Barcode Reader. Barcode biasanya berisi kode barang, kuantitas dan harga barang.

Bila sobat mempunyai sebuah produk dan sobat ingin membuat barcode untuk produk sobat, tapi bingung cara membuat barcode. Tenang disini gurukece.com punya solusinya yaitu 3 Cara Membuat Barcode. Let’s Kuy Gaskeun…

Cara Membuat Barcode

Membuat Barcode dengan CorelDraw

Cara yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi sobat yang bisa menggunakan software CorelDraw. Caranya pun sangat mudah dan gampang. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka CorelDraw sobat
  • Setelah itu klik menu Object lalu pilih Insert Barcode
  • Setelah itu akan muncul tampilan menu Barcode Wizard
  • Lalu sobat pilih jenis barcode yang ingin dibuat
  • Contoh disini gurukece akan membuat jenis barcode Code 128 dan menamai produk dengan nama Makanan 123
  • Lalu klik Next
  • Setelah itu sobat disuruh untuk mengatur resolusi, lebar dan panjang barcode dan lain-lain
  • Terus klik Next
  • Akan muncul tampilan lagi untuk mengatur jenis font dan sebagainya lalu klik Finish, maka barcode akan muncul
  • Barcode siap untuk diprint

Membuat Barcode Online

Bila sobat tidak mau pusing dan ribet, sobat bisa gunakan cara yang satu ini yaitu melalui website. Ada beberapa website yang menyediakan jasa untuk membuat barcode yaitu :

#1. https://barcode.tec-it.com

Website yang satu ini menyediakan jasa untuk membuat barcode secara gratis. Jadi sobat tidak perlu lagi repot-repot membuat barcode dengan CorelDraw maupun aplikasi. Website ini menyediakan berbagai jenis barcode yang bisa sobat gunakan untuk membuat barcode. Setelah barcode jadi, bisa langsung sobat unduh.

#2. http://www.barcode-generator.org

Website yang satu ini hampir sama dengan dengan website yang pertama, hanya saja mungkin tampilan dari website ini lebih simpel dan lebih mudah dalam penggunaannya. Untuk jenis barcodenya mungkin tidak sebanyak website yang pertama. Tapi masih bisa digunakan karena biasanya barcode yang standar. Setelah sobat pilih jenis barcodenya dan menuliskan nama dari produk sobat. Langsung sobat klik Create Barcode, maka pada Preview Barcode akan muncul tampilan review barcode dari produk sobat. Setelah itu tinggal sobat download.

Membuat Barcode dengan Aplikasi Android

Selain membuat barcode online, sobat juga bisa membuat barcode menggunakan aplikasi android. Membuat barcode dengan aplikasi dirasa lebih praktis dan mudah, tinggal buka aplikasi sobat bisa langsung membuat barcode. Ada beberapa aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk membuat barcode.

#Barcode Generator

Aplikasi pertama adalah Barcode Generator. Aplikasi besutan aeiou ini mempunyai 11 jenis barcode yang bisa sobat gunakan untuk membuat barcode. Dari barcode standar sampai QR code pun bisa sobat buat.

Aplikasi ini sudah didownload sebanyak 1juta+ kali dan mempunyai ukuran hanya 1.10 mb yang membuat aplikasi ini ringan untuk dipakai.

#Barcode Architect

Aplikasi selanjutnya adalah Barcode Architect. Aplikasi besutan Simon Boylen ini sudah didownload 100 ribu + kali dan mempunyai ukuran yang kecil yaitu 738 kb. Aplikasi ini mempunyai berbagai jenis barcode yang bisa sobat buat. Barcode ini juga mendukung format EAN 8 & 13, UPC-A & UPC-E, Code 39, Code 128, ISBN, MSI dan ITF & ITF-14. Setelah sobat buat, sobat bisa menyimpan barcode dengan format PNG, JPG, SVG dan HTML5.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Akhir Kata

Itulah 3 Cara Membuat Barcode yang bisa gurukece.com sharing. Sebenarnya masih ada cara-cara lain yang bisa sobat gunakan untuk membuat barcode, mungkin lain kali gurukece bisa sharing. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya. Bye…bye…

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *