√ Cara Membuat Watermark di Photoshop Terbaru [Mudah & Lengkap]
cara membuat watermark di photoshop
PHOTOSHOP

√ Cara Membuat Watermark di Photoshop Terbaru [Mudah & Lengkap]

Cara Membuat Watermark di Photoshop-Setelah sebelumnya gurukece memberikan tutorial cara membuat watermark di word. Kali ini gurukece akan memberikan tutorial cara membuat watermark tetapi berbeda media yaitu dengan Adobe Photoshop. Banyak dari sobat yang masih bertanya-tanya apa itu sih watermark? Watermark kalau di Bahasa Indonesia kan memiliki arti Tanda Air.

Dalam dunia digital Watermark atau Tanda Air diartikan sebagai tanda kepemilikan seseorang entah itu artikel, foto, gambar. Bila sebuah artikel, foto ataupun gambar memiliki sebuah tanda yang membayang berarti artikel, foto atau gambar tersebut milik seseorang. Watermark disini dibuat biasanya untuk membuat artikel, foto atau gambar tidak dapat dijiplak atau tidak asal dipakai tanpa izin dari pemiliknya.

Dan yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana sih cara membuat watermark di photoshop? Eiittss…. tenang… disini gurukece akan memberikan tutorial cara membuat watermark di photoshop. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja sobat simak… Let’s Kuy Gaskeun….

Baca Juga Artikel Photoshop Lainnya :

Cara Membuat Watermark di Photoshop

Kali ini gurukece akan memberikan cara membuat watermark tulisan dan watermark gambar atau logo. Langsung saja kita bahas satu per satu.

Cara Membuat Watermark Tulisan

Langkah 1 – Sobat siapkan terlebih dahulu gambar atau foto yang akan diberi watermark. Setelah itu buka Adobe Photoshop versi berapapun di laptop ataupun komputer sobat. Disini gurukece menggunakan Adobe Photoshop CC, tapi intinya semua versi memiliki cara yang sama.

Langkah 2 – Setelah itu sobat buka gambar atau foto yang akan diberi watermark dengan cara klik File > Open atau tekan CTRL + O pada keyboard. Lalu sobat cari file foto atau gambar yang sudah sobat siapkan tadi lalu klik Open. Atau sobat juga bisa drag atau tarik file tersebut langsung ke Photoshop.

Langkah 3 – Setelah gambar atau foto masuk ke photoshop, sobat buat tulisan untuk watermark dengan menggunakan Horizontal Type Tool, sobat cari tool tersebut dengan cara klik T pada keyboard untuk mempercepat pencarian, bila sudah menekan T maka tool akan aktif, lalu sobat klik kanan pada tool tersebut dan pilih Horizontal Type Tool.

cara membuat watermark di photoshop

Langkah 4 – Terus sobat ubah setingan Horizontal Type Tool yang berada di bawah menu bar. Ubah jenis huruf dan ukuran sesuai dengan keinginan sobat. Dan jangan lupa ubah warna huruf menjadi putih. Setelah itu tulis tulisan yang akan menjadi watermark sobat.

cara membuat watermark di photoshop

Langkah 5 – Bila sudah sobat tulis, langkah selanjutnya adalah ubah opacity yang berada di menu Layer yang biasanya terletak di bawah sebelah kanan. Ubah sampai tulisan terlihat transparan.

Maka watermark sudah jadi.

Cara Membuat Watermark Gambar atau Logo

Langkah 1 – Setelah sobat masukan gambar atau foto yang akan diberi watermark logo atau gambar. Sobat buka logo atau gambar yang akan dijadikan watermark dengan cara klik File > Open atau tekan CTRL + O pada keyboard lalu cari filenya, terus klik open. Atau sobat bisa juga drag atau tarik file logonya ke photoshop langsung.

Langkah 2 – Ubah opacitynya agar terlihat transparan.

Maka watermark sudah jadi.

Baca Juga : Cara Membuat Kotak di Photoshop

Akhir Kata

Itulah tutorial cara membuat watermark di photoshop yaitu watermark tulisan dan watermark gambar atau logo. Semoga dengan membaca tutorial ini menambah pengetahuan bagi sobat dan bermanfaat. Mohon maaf apabila masih banyak penulisan dan penyusunan kata yang kurang berkenan. Jangan lupa untuk komen apabila ada yang masih kurang jelas. Dan juga tunggu artikel-artikel selanjutnya dari gurukece. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *