Kegunaan CorelDraw

#Apa sih itu CorelDraw?

Hai Sobat Sukses, apa kabar? Moga baik-baik saja…Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang software desain grafis yaitu CorelDraw. Bagi sobat penggiat atau yang menggeluti dunia desain pasti tau apa itu CorelDraw, tapi bagi sobat yang masih awam atau baru belajar desain pasti bertanya-tanya “Apa sih itu CorelDraw?” untuk selengkapnya mari simak artikel dibawah ini.

#Pengertian CorelDraw

CorelDraw adalah software komputer untuk desain grafis berbasis vector. Keuntunngan dari grafis jenis vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran kapasitas file yang  relatif  kecil apabila dibandingkan dengan pengolah grafis  berbasis bitmap. Software ini biasanya digunakan untuk pekerjaan di bidang publikasi, percetakan dan bidang lainnya yang memerlukan proses visualisasi.

#Sejarah CorelDraw

CorelDraw dikembangkan oleh perusahaan bernama Corel Corporation yang bermakas di Ottawa-Kanada. Corel Corporation pada awalnya didirikan oleh Dr. Michael Cowpland tahun 1985. Pada tahun 1987 Corel merekrut beberapa orang pengembang software atau Programer untuk membangun sebuah software grafis berbasis vector untuk dijadikan satu dengan paket Desktop-publishing Corel yang akhirnya program tersebut diberi nama CorelDraw.

Baca Juga : Cara Crop Foto di Corel


Pada tahun 1988 CorelDraw diluncurkan untuk pertama kalinya. Setelah peluncurannya, ternyata CorelDraw diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya fokus pada pengembangan software. Produk dari Corel Corporation ini sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.

#Fungsi CorelDraw

Fungsi dari CorelDraw adalah untuk membantu para penggiat desain grafis untuk membuat desain grafis dengan mudah karena CorelDraw sangat mudah digunakan, bagi pemula sekalipun. CorelDraw mempunyai banyak tool yang bisa digunakan dan mudah dipahami sehingga mempermudah penggunanya dalam mendesain sesuatu. Oleh karena itu banyak para penggiat desain grafis menggunakan CorelDraw sebagai software yang dipilih untuk mendesain.

#Kegunaan CorelDraw

Kegunaan CorelDraw antara lain :

  1. Membuat desain logo, yang mana ini yang paling banyak di gunakan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena mudahnya dalam mengolah garis dan warna di CorelDraw.
  2. Mendesain undangan, brosur, banner dan lain-lain. Media publikasi offline juga menggunakan CorelDraw sebagai alat untuk mendesain. CorelDraw memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat karena dapat memuat banyak font.
  3. Membuat gambar ilustrasi, vector dan lain-lain karena gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh pun dijamin sangat akurat.

#Cara Menggunakan CorelDraw

Setelah kita mengetahui apa itu CorelDraw, Sejarah CorelDraw, Fungsi CorelDraw, Kegunaan CorelDraw selanjutnya kita bahas cara menggunakan CorelDraw.

Langkah pertama adalah kita buka CorelDraw yang sudah ada / diinstal di computer / laptop sobat sukses. Disini saya menggunakan CorelDraw Versi 20.00 / CorelDraw 2018. Setelah kita buka, akan muncul tampilan awal seperti gambar dibawah ini

Setelah itu kita buat dokumen baru dengan cara klik menu File → New atau bisa juga tekan tombol keyboard Ctrl + N, bisa juga klik icon New Dokumen contoh seperti gambar dibawah ini

Setelah itu, akan muncul kotak dialog seperti ini

Lalu atur ukuran kertas dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan sobat sukses / kebutuhan desain yang akan dibuat. Kali ini saya akan menggunakan ukuran dokumen A4 untuk mendesain terus klik OK.

Setelah itu akan muncul lembar kerja / dokumen baru yang masih kosong. CorelDraw siap digunakan.

#Fungsi Pick Tool

Tool-tool pada CorelDraw sangatlah beragam dan mempunyai fungsi masing-masing. Kali ini saya akan membahas fungi-fungsi tool tersebut.

 Pick Tool = fungsinya bisa sebagai kursor, untuk memilih objek, zoom objek yang dipilih

 Shape Tool = berfungsi untuk edit bentuk objek / edit curve objek

 Crop Tool = untuk crop objek / memotong objek

 Zoom Tool = untuk zoom / memperbesar objek

 Freehand Tool = untuk membuat curves / garis bebas

 Artistic Media Tool = untuk membuat / memberikan efek berbagai macam jenis brush pada objek

 Rectangle Tool = untuk membuat objek kotak / persegi / segi empat

 Ellipse Tool = untuk membuat objek lonjong / lingkaran

 Polygon Tool = untuk membuat objek segi lima, segi enam dan seterusnya

 Text Tool = untuk membuat teks / tulisan, untuk edit paragraf

 Parallel Dimension Tool = untuk membuat gambar dimensi / garis ukur

 Straight Line-Connector Tool = untuk membuat garis koneksi untuk mengkoneksikan objek yang satu dengan yang lain

 Drop Shadow Tool = untuk membuat shadow / bayangan pada objek

 Transparency Tool = untuk membuat objek menjadi transparan

 Color Eyedropper Tool = untuk memilih warna yang ingin digunakan

 Interactive Fill Tool = untuk memberikan warna pada objek

Itulah beberapa fungsi dari tool-tool pada CorelDraw, dan masih banyak tool-tool yang belum diusampaikan.

Baca Juga : Cara Ganti Background Foto

Setelah sobat sukses membaca artikel diatas, semoga sobat makin mengerti apa itu CorelDraw, Fungsi dan kegunaannya, serta memahami tool-tool yang ada di CorelDraw.

Semoga sobat sukses makin giat belajar CorelDraw, dan tunggu artikel-artikel selanjutnya.

Sekian…