tingkatan processor intel
KOMPUTER

√ Tingkatan Processor Intel, Pengertian Processor, Sejarah Processor Intel

Tingkatan Processor Intel – Bila sobat punya laptop ataupun komputer, pasti sobat bertanya-tanya “kok laptop atau komputer bisa nyala, kok bisa melakukan apapun? Jawabannya adalah otak, seperti halnya manusia yang memiliki otak untuk mengatur semua sistem organ tubuh, komputer atau laptop pun mempunyai otak sebagai pusat kendali seluruh operasi.

Salah satu processor yang terkenal di dunia adalah processor INTEL dari perusahaan Intel Corp. Intel Corp. Sendiri sudah memproduksi banyak sekali jenis processor yang hebat dari awal berdirinya sampai sekarang.

Sebelum kita lanjut ke tingkatan Processor Intel sebaiknya kita pelajari dulu apa itu Processor dan sejarah Processor Intel baru dilanjut ke tingkatan Processor Intel. Tanpa basa-basa lagi langsung kita bahas… Let’s kuy gaskeun… 😊

Baca Juga : Perbedaan Mediatek Dan Snapdragon

Pengertian Processor atau CPU

Processor atau CPU merupakan perangkat keras utama dalam perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan sebagainya. Processor atau CPU adalah bagian penting dalam sistem untuk menjalankan komputer secara optimal karena processor adalah otaknya.

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu komponen pemroses yang terdiri atas sirkuit yang melakukan proses data dan perintah dari perangkat lunak.

Seiring berkembangnya jaman, processor pun telah dibuat menjadi perangkat mini yang sesuai dengan socket yang diproduksi dalam sirkuit terpadu. Microprocessor adalah sebutan untuk perangkat processor mini.

Pada umumnya processor dipasang pada motherboard. Socket pada motherboard biasanya berbeda-beda tergantung jenis dari processor yang digunakan beserta variannya. Kecepatan processor berbeda tergantung frekuensinya. Satuan kecepatan processor pada awalnya ialah MHz, namun seiring berkembangnya jaman ada juga GHz.

Semakin berkualitas baik processornya, semakin tinggi pula  performa laptop atau komputer. Kebutuhan processor terbaik mendorong sejumlah produsen processor untuk menciptakan perangkat simpel, efisien dan mempunyai dampak yang besar terhadap performa laptop atau komputer. Salah satu penghasil processor dari perusahaan raksasa di dunia yaitu Intel.

Sejarah INTEL, Produsen Processor Global

Pada tahun 1968 Gordon Moore, Robert Noyce dan Andy Grove pertama kali menggagas Intel Corp. yaitu bisnis INTegrated Electronics atau disingkat INTEL. Produksi dimulai dengan RAM Statis, kemudian dikembangkan jadi Microprocessor. Awal-awal microprocessor terdiri dari 275 transitor.

Sejak tahun 1968 (awal berdirinya) sampai saat ini, INTEL sudah banyak memproduksi banyak jenis processor dan microprocessor. Contohnya seperti Pentium®, Celeron®, Itanium®, Intel® Atom™, Intel® Core™, Intel® Xeon®, dan Intel® Quark™.

Tingkatan Processor Intel

Tingkatan processor Intel dari awal produksi sampai saat ini sudahlah sangat banyak, maka dari itu kita bahas nama-namanya saja karena untuk mempersingkat artikel ini agar tidak terlalu panjang dan tidak bosan dibaca hehe… Let’s Kuy Gaskeun… 😊

Tahun 1980 sampai 1990 an Tahun 2000 an Tahun 2010 Sampai Sekarang
Processor seri MCS4 Intel® Pentium® 4 Processor Intel® Core™ i5 vPro™ processor
Processor 8 bit i8008 Intel® Xeon® Processor Intel® Core™ i5 vPro™ processor
Processor 8085 Intel® Itanium® Processor Intel® Core™ i7 vPro™ processor
8086-8088 Microprocessor Intel® Itanium® 2 Processor Intel® Core™ i7 vPro™ processor
286 Microprocessor Intel® Pentium® M Processor Intel® Core™ i3 processor
Intel386™ Microprocessor Intel Pentium M 735/745/755 processors Intel® Core™ i5 processor
Intel486™ DX CPU Microprocessor Intel E7520/E7320 Chipsets Intel® Core™ i7 processor
Intel® Pentium® Processor Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz Intel® Core™ i7 processor Extreme Edition
Intel® Pentium® Pro Processor Intel Pentium D 820/830/840
Intel® Pentium® II Processor Intel Dual Core
Intel® Pentium II Xeon® Processor Intel Core 2 Duo
Intel® Celeron® Processor Intel Core 2 Quad Q6600
Intel® Pentium® III Processor
Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Di dunia ini sebenarnya masih banyak jenis-jenis processor yang digunakan tapi di Indonesia lebih familiar dan terkenal adalah Processor Intel dan AMD.

Baca Juga : Fungsi Hardware

Akhir Kata

Itulah beberapa ulasan tentang tingkatan processor intel, pengertian processor dan sejarah processor intel. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat. Tunggu artikel-artikel selanjutnya dari gurukece.com.

Terima kasih 😊

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

2 Replies to Tingkatan Processor Intel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *