√ Pengertian Firewall, Bentuk Ancaman Firewall, Manfaat dan Cara Kerja
pengertian firewall
KOMPUTER

√ Pengertian Firewall, Bentuk Ancaman Firewall, Manfaat dan Cara Kerja

Pengertian Firewall – Apa itu firewall? Pengertian firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang dipakai untuk menjaga/ melindungi komputer dari beberapa jenis serangan atau ancaman dari komputer luar.

pengertian firewall
Gambar Ilustrasi Firewall

Baca Juga : Fungsi Hardware

Fungsi firewall

Fungsi firewall adalah sebagai pengontrol. Mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan. adapun kriteria yang dikerjakan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak. Antara Lin :

  • Alat IP dari komputer sumber
  • Port  TCP/UDP sumber dari sumber
  • Alat ip dari komputer tujuan
  • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
  • Informasi dan header yang di simpan dalam paket data.

Manfaat firewall

Manfaat firewall adalah untuk menjaga informasi informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan kita. Sebagai contoh. FTP (file Transfer Protocol) lalulintas dari jaringan komputer organisasi dikendalikan oleh firewall. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna di jaringan mengirim file rahsia yang di sengaja atau tidak di sengaja kepada pihak lain.

Cara Kerja Firewall

Firewall di komputer/laptop bekerja sebagai garis pertahanan terdepan dalam mencegah semua jenis hacking ke dalam jaringan. Karena setiap hacker yang mencoba ingin menembus ke dalam jaringan komputer alkan mencari port yang terbuka dapat diaksesnya. Firewall dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak, namun cara kerja firewall optimal jika dua jenis perangkat di gabungkan. Selain membatasi akses jaringan komputer. Firewall juga memungkinkan akses jaringan prifat melalui secure authentication certificates and login (sertifikat keamanan otentitasi dan login).

Firewall dapat dibedakan berdasarkan caranya bekerja.

 Ada 4 jenis firwaii antara lain

-packet filtering gateway

-application layer

-circuit level gateway.

-stateful multilayer inspection firewall

#1. paket filtering gateway

Paket filtering gateway, dapat terjemahkan sebagai firewall yang bertugas melakukan filterisasi terhadap paket paket yang datang dari luar jaringan yang dilindunginya.

#2. application layer gateway

Model firewal ini juga dapat disebut proxy firewall. Mekanismenya tidak hanya berdasarkan sumber. Mekanisme yang terjadi adalah paket tersebut tidak akan secara langsung sampai ke server tujuan. Akan tetapi hanya sampai firewall saja. Selebihnya firewall ini akan membuka koneksi baru ke server tujuan dan atribut paket tapi bisa mencapai isi (content) paket tersebut.

#3.circuit level gateway

Mode firewall circuit level gatway ini bekerja pada bagian lapisan Transport mode  refrensi TCP/IP. Firewall ini akan melakukan pengawasan/pengintaian terhadap awal hubungan TCP yang biasa disebut sebagai TCP Handshaking. Yaitu proses untuk menentukan apakah sesi hubungan tersebut diperbolehkan atau tidak. Bentuknya hampir sama dengan Application Layer Gateway. Hanya saja bagian yang difilter terdapat pada lapisan yang berbeda, yaitu berbeda pada layar Transport.

#4. Statufull Multilayer Inspection Firewall

firewall ini merupakan kaliborasi dari ketiga firewall sebelumnya. Untuk jenis Firewall ini, akan bekerja pada lapisan Aplikasi Transport dan Internet. Dengan penggabungan/mengkaliborasi ketiga model  firewall yaitu packet Filtering Gateway. Application Layar Gateway dan Circuit Gateway. Mungkin  dapat dikatakan firewall jenis ini merupakan firewall yang memfasilitasi fitur terbanyak dan memberikan tingkat keamanan yang paling tinggi.

Karena tujuannya di buat firewall adalah untuk menjaga komputer dari berbagai ancaman yang berasal dari jaringan, maka kami akan memberi tau bentuk ancaman firewall

Bentuk ancaman terhadap firewall

1. aplikasi backdoor

2.macro

3. remot login

4. oprating system bugs

Aplikasi backdoors

Beberapa program mempunyai fitur khusus yang memungkinkan untuk melakukan akses jarak jauh (remote access). Beberapa bug program justru mengandung sebuah backdoor (pintu belakang ) atau akses tersembunyi yang menyediakan level control terhadap program komputer.

Baca Juga : Jaringan Komputer

#1. Mecro

Untuk menyederhanakan atau mempermudah prosedur suatu aplikasi, banyak program aplikasi yang mengizinkan kita untuk membuat rangkaian perintah yang bisa dijalankan oleh program tersebut ( bisa di sebut script atau macro). Dengan memanfaatkan kemampuan macro atau script suatu program seorang penyerang dapat menyebabkan kerusakan data pada komputer.

#2. remot login

Hal ini terjadi ketika seseorang berkemampuan untuk terhubung ke suatu komputer dan mempunyai kemampuan untuk melakukan kontrol terhadap beberapa hal yang terhubung dengan sumber daya yang terdapat pada komputer atau host tersebut. Sebagai contoh yaitu mulai dari melihat atau bahkan mengakses data yang terdapat pada komputer tersebut sampai dengan menjalankan program yang ada.

#3. operating system bugs

Seperti halnya aplikasi, beberapa sistem operasi mempunyai celah keamanan yang memungkinkan untuk dieksploitasi secara tidak sah.

Demikian artikel tentang Pengertian Firewall ini, semoga bermanfaat dan semoga pembaca terhindar dari virus corona. Terima Kasih

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

4 Replies to Pengertian Firewall

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *