√ Fungsi dan Kegunaan Photoshop : Pengertian [Terbaru 2020]
PHOTOSHOP

√ Fungsi dan Kegunaan Photoshop : Pengertian [Terbaru 2020]

Zaman yang serba digital ini, semua hal yang semula tidak mungkin menjadi mungkin, hal yang terlalu sulit menjadi mudah, termasuk dalam hal seni seperti gambar dan foto.

Sekarang untuk foto dan mengedit foto tidak perlu repot-repot ke studio foto, hanya dengan bermodalkan smartphone dan software pada komputer atau laptop, semua orang bisa foto dengan smartphone dan langsung mengeditnya sendiri sesuai dengan keinginan.

Salah satu software yang biasa digunakan untuk mengedit foto atau gambar adalah Adobe Photoshop. Software ini adalah software yang paling populer dan paling banyak digunakan karena memiliki fitur-fitur yang menarik dan cukup lengkap serta mudah digunakan.

Dengan adanya software ini, memungkinkan semua orang untuk mengedit foto serta gambar agar lebih bagus dan menarik.

Tapi sebagian dari kalian masih banyak yang belum paham apa itu Adobe Photoshop. Bagi kalian yang ingin memahami apa itu Adobe Photoshop, simak saja artikel berikut ini.

Pengertian Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau juga dikenal dengan Photoshop ataupun PS ini merupakan perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk pengeditan foto ataupun gambar dan juga pembuatan efek buatan dari Adobe Systems.

Banyak fotografer dan juga perusahaan-perusahaan iklan yang menggunakan Adobe Photoshop sebagai perangkat lunak atau software untuk mengolah foto dan gambar untuk produk mereka.

Adobe Photoshop ini memiliki banyak fitur yang mudah untuk dipahami oleh seorang pemula sekalipun. Dan juga memiliki fitur-fitur unggulan yang membuat seorang yang terjun dalam dunia desain grafis harus atau wajib memiliki software ini dengan segala fasilitas dan fitur-fitur yang lumayan lengkap.

Photoshop adalah software yang digunakan untuk mengedit gambar dalam bentuk format bitmap. Foto juga merupakan salah satu gambar dengan format bitmap. Maka dari itu banyak fotografer yang menggunakan software ini.

Sejarah Adobe Photoshop

Awal muncul Adobe Photoshop dilatarbelakangi oleh sejarah yang panjang. Diawali dari langkah profesor Glenn Knol yang berasal dari Michigan Amerika Serikat (USA). Profesor Glenn Knol melakukan ekspresimen yaitu mengolah foto secara digital dengan alat-alat sederhana.

Tujuan dan harapan Profesor Glenn Knol adalah untuk membuat sebuah software atau program pengolah gambar atau foto secara digital yang diteruskan oleh anaknya yaitu John Knoll dan Homas Knoll.

Yang pada akhirnya kedua anaknya mampu menciptakan program software sederhana hingga sebuah perusahaan yang bernama Image Scan yang berlisensi.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, penemuan software ini kemudian diambil alih oleh Adobe Corporation dan kemudian diberi nama Adobe Photoshop. Awal mula dari penciptaan photoshop ini hanyalah untuk keperluan pengolah gambar (fotografi).

Namun seiring dengan kerja keras yang dilakukan Thomas Knoll dan timnya yang akhirnya mampu mengembangkan Adobe Photoshop dengan fitur-fitur yang menarik dan unggul seperti digital painting, web design, animasi, publishing dan bidang lainnya.

Fungsi Dan Kegunaan Adobe Photoshop

Adobe photoshop memiliki fungsi utama yaitu sebagai software pengedit gambar atau foto serta pembuatan efek. Selain itu adobe photoshop mempunyai fungsi-fungsi lainnya yaitu :

  1. Dapat mengkombinasikan dua gambar atau juga bisa lebih menjadi satu gambar baru
  2. Dapat menghilangkan atau menghapus suatu objek pada gambar
  3. Dapat memberi dan merubah warna
  4. Dapat mengubah ukuran gambar seperti memperbesar atau memperkecil ukuran gambar
  5. Dapat mempertajam gambar atau foto dan kualitas gambar atau foto
  6. Dapat membersihkan atau membuat gambar menjadi lebih indah
  7. Dapat membuat gambar menjadi kabur atau blur agar terlihat samar-samar
  8. Dapat meningkatkan tingkat kecerahan pada gambar
  9. Dapat untuk memotong gambar

Selain itu adobe photoshop mempunyai bagian-bagian penting yang memiliki fungsi sendiri-sendiri seperti tool, menu, toolbox, layer dan lainnya.

  1. Layer : layer adalah sebuah kanvas dimana tempat untuk mendesain atau mengedit gambar.
  2. Tool : adalah alat-alat yang baisa digunakan untuk mendesain atau mengedit gambar.
  3. Menu : merupakan tempat menyimpan semua tool seperti File, Layer, Edit, Image, Type, Select, Filter, 3D, View, Window, Help.
  4. Toolbox : merupakan sebuah tempat khusus untuk tool-tool penting agar lebih mudah dalam pencarian tool.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop

# Kelebihan

  1. Gambar atau foto yang dihasilkan lebih jelas dan memuaskan
  2. Mudah dalam pengoperasioan
  3. Memiliki fitur-fitur yang menarik
  4. Bisa digunakan untuk mendesain dan mengedit gambar atau foto
  5. Fitur-fitur yang lengkap
  6. Memiliki banyak pilihan format penyimpanan

Kekurangan

  1. Banyak menggunakan layer dan harus per layer untuk mengeditnya
  2. Tidak bisa sempurna dalam membuat desain grafis
  3. Jika menggunakan banyak layer maka ukuran akan besar
  4. Tidak mudah dalam pencetakan

Akhir Kata

Itulah artikel tentang Kegunaan Photoshop. Semoga menambah pengetahuan bagi teman-teman dalam memperdalam Adobe Photoshop dan bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih.

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *