Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang – Android merupakan sistem operasi open source yang memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi secara bebas tidak terkecuali bongkar pasang aplikasi. Menginstall dan menghapus aplikasi adalah salah satu hal yang biasa dilakukan oleh pengguna android. Dengan begitu pengguna android bisa mendownload aplikasi yang disukai dan menghapus aplikasi yang tidak disukai ataupun jarang digunakan.

Jika sobat sering melakukan install dan hapus aplikasi pasti ada suatu saat aplikasi tidak terpasang. Biasanya apabila aplikasi tidak terpasang ada sebabnya, karena bila ada sebab pasti ada akibatnya… hehe. Bagi sobat yang sering mengalami masalah ini, pasti bingung apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang… gurukece akan memberikan tips cara mengatasi aplikasi tidak terpasang. Tapi sebelum itu kita bahas dulu apa sebab dari aplikasi tidak terpasang. Oke… Let’s Kuy…

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dipasang

Ada beberapa penyebab aplikasi tidak terpasang antara lain :

1. Memori Penuh

Penyebab yang pertama adalah memori penyimpanan penuh. Biasanya penyebab memori penuh adalah sobat menginstall banyak aplikasi atau bisa juga terlalu banyak foto dan video yang disimpan di memori internal sehingga aplikasi tidak bisa dipasang.

2. Aplikasi Corrupt / Rusak

Masalah ini juga sering dijumpai apalagi bila sobat sering download aplikasi tidak melalui playstore. Biasanya download aplikasi tidak melalui playstore karena aplikasi tersebut tidak tersedia di playstore dan sobat penasaran dengan aplikasi tersebut. Bila sobat mendownload melalui website untuk download aplikasi, tetapi website pihak ketiga biasanya akan menjumpai aplikasi yang corrupt atau rusak.

3. Tidak Cocok Tempat Penyimpanannya

Tidak semua aplikasi bisa dipasang di memori eksternal atau SD Card. Jadi bila sobat menyeting tempat penyimpanan aplikasi di SD Card, dan sobat mendownload aplikasi tapi tidak bisa dipasang mungkin karena tidak cocok tempat penyimpanannya. Dan cobalah mengganti tempat penyimpanannya ke memori internal.

4. Memori Rusak

Bila sobat menyimpan aplikasi di SD Card, mungkin akan mengalami dimana memori tidak dapat menyimpan aplikasi atau file apapun karena memori tersebut rusak. Bisa juga SD Card terkena virus sehingga tidak dapat menyimpan aplikasi ataupun file.

5. Aplikasi Tidak Kompatibel

Selain masalah-masalah diatas, penyebab lainnya bisa juga karena aplikasi tidak kompatibel dengan type android di hp sobat. Misal aplikasi A kompatibel dengan android 5 keatas sedangkan hp sobat masih android 4 maka aplikasi A tidak dapat dipasang.

6. Eror

Mungkin masalah ini sering terjadi, yaitu terjadi eror setelah aplikasi terinstal sehingga tidak bisa dibuka atau dipasang. Penyebabnya biasanya karena hp mengalami hang atau eror pada saat penginstalan sehingga terjadi eror pada aplikasi yang diinstal.

Cara Mengatasi Aplikasi yang tidak bisa Dipasang

Setelah sobat mengetahui penyebab dari aplikasi yang tidak terapsang, sekarang sobat harus tau cara mengatasinya yaitu :

1. Restart / Reboot HP

Cara yang pertama adalah merestart / reboot hp sobat. Mungkin setelah sobat merestart hp sobat, aplikasi yang ingin dipasang bisa terpasang dan digunakan.

2. Uninstall Aplikasi

Bila masalahnya pada penyimpanan, sobat bisa melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak terpakai ataupun file-file yang kiranya tidak digunakan atau tidak diperlukan. Mungkin dengan menghapus aplikasi atau file membuat memori menjadi lega dan bisa dipasang aplikasi yang sobat inginkan.

3. Cek Versi Aplikasi

Cara selanjutnya adalah mengecek versi aplikasi apakah masih bisa diinstal / kompatibel di versi android sobat. Dengan mengecek versi aplikasi, sobat bisa mencari alternatif aplikasi lain yang sama dengan aplikasi yang diinginkan sehingga tidak terjadi aplikasi tidak terpasang.

Baca Juga : Cara Menambah RAM HP

Akhir Kata

Demikian artikel tentang penyebab aplikasi tidak terpasang dan cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya dari gurukece. Terima kasih.

Tinggalkan komentar