cara membuat rumus di excel
KOMPUTER, MICROSOFT EXCEL

√ Cara Membuat Rumus di Excel : Rumus Penjumlahan, Pengurangan dll

Cara Membuat Rumus di Excel : Excel merupakan salah satu program dari microsoft untuk mengolah angka. Excel banyak digunakan di kantor, perusahaan atau perorangan karena excel sangat berguna untuk urusan hitung menghitung. Dengan menggunakan excel semua pekerjaan hitung menghitung menjadi sangat cepat daripada menggunakan kalkulator. Untuk itu excel mempunyai banyak rumus yang bisa digunakan untuk menghitung harga, jumlah dan lain-lain.

Tapi banyak dari sobat yang tidak tau rumus-rumus di excel. Setelah sebelumnya gurukece membahas tentang kegunaan microsoft excel, membuat tabel di excel dan membuat grafik di excel, untuk kali ini gurukece akan membahas tentang rumus-rumus di excel antara lain Rumus Pengurangan, Rumus Penjumlahan, Rumus Perkalian, Rumus Pembagian, Rumus Rata-Rata, Rumus Kuadrat, Rumus Excel If. Wokeh langsung saja…. Let’s Kuy Gaskeun….

Baca Juga : Cara Membuat Grafik di Excel

Cara Membuat Rumus di Excel

Membuat rumus di excel sebenarnya gampang, karena excel sudah menyediakan langkah-langkah dan rumusnya, sehingga sobat tidak perlu menghafalkannya. Sobat hanya menghafalkan yang perlu atau sering digunakan saja. Berikut gurukece memberikan cara membuat 7 rumus.

# Rumus Pengurangan

Rumus pengurangan adalah rumus yang digunakan untuk pengurangan. Mungkin rumus ini paling gampang. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka terlebih dahulu microsoft excel di laptop atau komputer sobat
  2. Bila sobat sudah mempunyai datanya, sobat tinggal buka data tersebut
  3. Lalu bila sobat belum buat, buat terlebih dahulu datanya
  4. Setelah itu sobat tulis rumus “=cell pertama – cell kedua” di belakang data yang pertama dan yang kedua lalu tekan enter
  5. Maka otomatis jumlah pengurangan akan muncul
  6. Atau sobat bisa juga langsung menulisnya yaitu “=angka pertama – angka kedua” misalkan =45-40 lalu tekan enter, maka akan muncul hasilnya

Mudah bukan.

# Rumus Penjumlahan

Untuk rumus penjumlahan caranya sama dengan rumus pengurangan hanya saja tanda kurang kurang / minus (-) diganti menjadi tanda tambah (+) yaitu “=cell pertama + cell kedua” atau bisa juga sobat langsung menulisnya “=angka pertama + angka kedua” misalkan =25+35 lalu tekan enter. Untuk rumus penjumlahan dalam jumlah banyak rumus tersebut bisa digunakan namun terlalu ribet. Jadi sobat tinggal menggunakan rumus sum yaitu “=SUM(Number1, Number 2, dst)”. Number 1, number 2 disini menunjuk pada cell dimana angka-angka tersebut yang akan digunakan, jadi bila sobat sudah mengetik =SUM( sobat langsung saja drag angka-angka yang terdapat pada satu baris lalu tekan enter.

# Rumus Perkalian

Untuk rumus perkalian sendiri juga caranya sama dengan yang pengurangan dan penjumlahan hanya diganti tanda bintang (*). Untuk perkalian sendiri tidak menggunakan tanda kali (x) tetapi tanda bintang (*). Caranya yaitu “=cell pertama * cell kedua” atau sobat bisa langsung menuliskannya pada cell yaitu “=angka pertama * angka kedua” misalkan =30*10 lalu tekan enter.

# Rumus Pembagian

Selain rumus pengurangan, penjumlahan dan perkalian, untuk pembagian pun caranya sama hanya diganti tanda titik dua (:). Caranya yaitu “=cell pertama : cell kedua” atau sobat bisa langsung menuliskannya pada cell yaitu “=angka pertama : angka kedua” misalkan =20:5 lalu tekan enter.

# Rumus Rata-Rata

Untuk membuat rata-rata, sobat menggunakan rumus average. Average biasanya digunakan untuk menghitung rata-rata sekumpulan data. Untuk menggunakan rumus ini sobat bisa tuliskan =AVERAGE(Number1, Number2, dst). Number1, Number2 dan seterusnya adalah tempat atau cell dimana data tersebuat dibuat.

# Rumus Kuadrat

Untuk membuat rumus kuadrat sobat ketikan “=cell^2”. Cell disini adalah tempat dimana angka yang akan dibuat kuadrat. Jadi cell tidak diketik melainkan diklik cell atau tempat angka yang akan dikuadratkan. Tanda (^) adalah tanda perpangkatan yang letaknya di angka 6 pada keyboard. 2 adalah pangkat, bisa juga diganti menjadi pangkat 3 atau 4.

# Rumus Excel If

Rumus IF adalah rumus logika yang digunakan untuk melakukan uji perbandingan misalkan, Benar Salah, Lulus Gagal dan lain sebagainya. Untuk menggunakan rumus ini biasanya kita menggunakan tanda perbandingan seperti =, >, <, dan yang lainnya. Karena rumus ini Panjang, maka jarang orang yang bisa menggunakan rumus ini. Sebenarnya ini adalah rumus dasar yang harus sobat kuasai. Untuk menggunakan rumus ini adalah (misalkan saya akan menggunakan perbandingan Lulus dan Gagal) =IF(sel>data;”Lulus”;”Gagal”). Sel disini adalah sel yang berisi data yang akan dibandingkan. Tanda > adalah untuk membandingkan data pada sel lebih besar dari data yang ditentukan. Data adalah penentuan data yang akan dibandingkan dengan data yang ada di sel. Lulus dan Gagal adalah keterangan yang akan muncul pada data yang dibandingkan bila sesuai dengan data yang ditentukan.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Excel

Akhir Kata

Demikian Cara Membuat Rumus di Excel. Sebenarnya masih banyak rumus yang belum gurukece sampaikan. Karena keterbatasan waktu dan tempat, mungkin lain kali akan gurukece bahas. Semoga artikel cara membuat rumus di excel ini bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya. Bye….

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

One Reply to Cara Membuat Rumus di Excel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *