cara format kartu sd di hp
KOMPUTER, TUTORIAL

√ Cara Format Kartu SD di HP Android atau Format melalui Laptop

Cara Format Kartu SD di HP : Kartu SD adalah perangkat penyimpanan dengan ukuran kecil yang digunakan untuk menambah kapasitas memori pada hp. Ukuran kapasitas Kartu SD beragam mulai dari yang 512 mb sampai dengan 256 Gb.

Kartu SD sangat dibutuhkan oleh pengguna hp, apalagi hp dengan ukuran penyimpanan yang tidak begitu besar. Sehingga Kartu SD dibutuhkan untuk menambahkan ruang penyimpanan. Jadi kita bisa menyimpan file-file seperti foto, video dan lain-lain di Kartu SD apabila penyimpanan memori internal terasa penuh. Bila memori internal tidak penuh, maka hp tidak akan terasa lemot.

Tapi terkadang kartu SD pun harus disisakan sedikit ruang penyimpanan agar tidak terasa penuh dan berat saat dibuka. Untuk itu perlu dilakukan format kartu SD untuk mengurangi kerusakan pada kartu SD gara-gara file terlalu banyak atau penuh. Selain itu format kartu SD juga bisa digunakan untuk menghilangkan virus-virus yang menempel pada kartu SD.

Tapi yang jadi pertanyaan sobat semua adalah bagaimana sih cara format kartu SD di HP? Mungkin sobat belum tau bahwa kartu SD bisa diformat di HP sobat. Cara melakukan format kartu SD di hp juga cukup mudah dan gampang. Untuk itu pada artikel kali ini gurukece.com akan membahas cara format kartu SD di HP. Oke langsung saja simak, Let’s Kuy di Gaskeun…

Baca Juga : Cara Backup Data

Cara Format Kartu SD

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memformat Kartu SD yaitu dengan HP dan melalui Laptop atau PC.

#1. Cara Format Kartu SD di HP

Setiap HP android mempunyai fitur untuk memformat kartu SD, hanya saja setiap merk hp android mempunyai tampilan dan pengaturan yang berbeda. Tapi sobat tenang saja, karena biasanya menu setting hampir sama, tinggal sobat ikuti saja langkah-langkah yang ada. Maka kartu SD akan terformat. Tapi yang perlu diingat adalah sebelum melakukan format kartu SD sebaiknya sobat backup terlebih dahulu file-file dan data-data yang ada di kartu SD di Laptop atau PC atau perangkat penyimpanan lainnya seperti hardisk internal atau flashdisk. Langkah ini dilakukan agar sobat tidak kehilangan file-file dan data-data penting yang sobat simpan di Kartu SD. Untuk cara format kartu SD di HP, sobat ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama sobat buka menu Setting atau Pengaturan (disini gurukece menggunakan HP Xiaomi, untuk HP yang lain kurang lebih caranya hampir sama)
  • Terus sobat cari Storage atau Penyimpanan
  • Lalu pada Kartu SD sobat pilih Hapus Kartu SD
  • Setelah itu sobat akan ditanya apakah benar-benar yakin ingin memformat kartu SD bila iya langsung saja klik Hapus & Format
  • Maka hp akan melakukan proses format, tunggu sampai selesai
  • Setelah selesai kartu SD akan kosong dan siap digunakan untuk menyimpan file dan data sobat

Format kartu SD langsung di hp mungkin cara yang paling mudah dan praktis, karena tidak memerlukan Laptop atau PC. Apalagi bagi sobat yang tidak punya Laptop atau PC, jadi tidak perlu repot-repot ke warnet atau pinjam Laptop teman.

#2. Cara Format Kartu SD di Laptop atau PC

Selain format kartu SD di HP, sobat juga memformat kartu SD dengan memanfaatkan Laptop atau PC sobat. Cara melakukan format kartu SD di Laptop atau PC pun sangat mudah. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memformat kartu SD sobat.

  • Sambungkan kartu SD ke Laptop melalui slot kartu SD bila ada, jika tidak ada sobat bisa menggunakan Card Reader untuk menyambungkannya
  • Setelah itu buka File Explorer dengan menekan tombol Windows + E
  • Terus pilih Kartu SD, biasanya muncul di My Computer atau This PC
  • Lalu klik kanan pada penyimpanan Kartu SD, terus pilih Format
  • Kemudian pilih file sistem yang akan digunakan untuk memformat Kartu SD (sebaiknya pilih FAT32 karena yang paling kompatibel dengan kartu SD)
  • Lalu klik Start, maka kartu SD akan memulai proses format
  • Tunggu sampai selesai

Baca Juga : Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop

Akhir Kata

Itulah cara format kartu SD di HP dan Laptop atau PC. Semoga bermanfaat dan mohon maaf karena masih banyak kekurangan dalam penyampaiannya. Terima kasih dan tunggu artikel-artikel selanjutnya dari gurukece.com. Terima kasih dan see you next time…

Seorang pendiam yang hobi nge-Game, suka nulis dan senang dengan hal-hal yang berkaitan dengan Teknologi

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *