urutan versi android
ANDROID

Urutan Versi Android, Apa itu Android?, Kelebihan dan Kekurangan android

Urutan Versi Android – Jaman semakin canggih, apa-apa menggunakan smartphone. Pasti sobat punya smartphone kan? Bahkan mungkin sobat ada yang punya lebih dari satu? Sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan semua orang, mungkin lebih penting dari yang lain. Bila sehari saja sobat tidak menggunakan smartphone mungkin akan merasa susah, bingung, frustasi dan lain sebagainya.. hehe…

Smartphone yang sobat gunakan rata-rata pasti menggunakan versi android. Karena menurut survei, OS Android lebih populer dibandingkan OS lainnya seperti IOS. Tapi tahukah sobat versi-versi dari Android dari awal sampai yang terbaru. Mungkin dari kalian ada yang tau dan ada yang tidak. Untuk itu mari kita bahas satu persatu, tapi sebelum itu kita bahas apa sih android itu? Dan juga kelebihan dan kekurangan android… cekidot…

Apa itu Android?

Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google. Android dikembangkan pertama kali oleh perusahaan bernama Android Inc. dan diakuisisi oleh raksasa Internet Google pada tahun 2005.

Dengan Basis Kernel Linux yang dimodifikasi android memberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan manis untuk setiap perilisannya.

Keunggulan dari Android adalah open source atau gratis yang membuat harga smartphone android lebih murah dibandingkan smartphone dengan OS lain.

Kelebihan Android

  1. Sistem Android lebih mudah digunakan bahkan bagi yang baru memegang smartphone
  2. Tampilan Android yang menarik dan tidak kalah dengan OS lainnya
  3. Sistem Operasi Open Source yang membuat pengguna dapat bebas mengembangkan sistem android versi miliknya sendiri
  4. Tersedia banyak pilihan aplikasi menarik sehingga menarik perhatian pengguna dan yang terutama gratis.. hehe..

Kekurangan Android

  1. Update sistem kurang efektif
  2. Baterai cepat habis, mungkin karena paket data yang menyala dan terlalu banyak aplikasi yang terbuka sehingga menguras baterai
  3. Sering mengalami lag atau hang, bila sobat memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan versi android sobat mungkin smartphone sobat akan sering mengalami lelet atau lag dan yang lebih parah lagi hang atau smartphone tiba-tiba mati

Baca Juga : Perbedaan Mediatek Dan Snapdragon

Android 1.0 & 1.1 Astro (Alpha) dan Bender (Beta)

Urutan versi Android
(Gambar Logo Android 1.0 Astro)
(Gambar Logo Android 1.1 Bender)

Kedua versi android ini pasti masih terdengar asing bagi sobat. Sebab versi android ini memang tidak dirilis untuk kepentingan komersil sehingga banyak yang tidak mengetahui versi android ini. Smartphone android pertama yang mulai dijual pada 22 Oktober 2008 adalah HTC Dream.

Android 1.5 Cupcake

(Gambar Logo Android 1.5 Cupcake)

Bisa dibilang Android Cupcake adalah generasi pertama android yang diluncurkan secara komersil. Dan android pertama yang menggunakan nama makanan manis. Sistem Android Cupcake bisa dibilang hanya memiliki fitur android dasar saja.

Sejak versi inilah android mulai menamai versi selanjutnya dengan nama makanan manis. Pada tanggal 30 April 2009 Android 1.5 Cupcake dirilis dengan berbagai fitur disebuah perangkat smartphone.

Android 1.6 Donut

(Gambar Logo Android 1.6 Donut)

Setelah Android Cupcake dirilis, kurang lebih 5 bulan setelahnya atau pada tanggal 15 September 2009 Android merilis versi terbaru yaitu Android 1.6 Donut dengan beberapa fitur tambahan atau pembaruan yang tidak dimiliki android versi sebelumnya.

Android 2.0 & 2.1 Eclair

Urutan Versi Android
(Gambar Logo Android 2.0 & 2.1 Eclair)

Setiap perilisannya, android terbaru berfungsi untuk menutupi bug yang masih ditemukan di android versi sebelumnya. Pada tanggal 26 Oktober 2009 android merilis versi terbaru yaitu Android Éclair. Android Éclair memiliki beberapa versi antara lain versi 2.0, 2.0.1, 2.1.

Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)

(Gambar Logo Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt))

Mulai dari versi ini android makin dikenal luas oleh berbagai brand smartphone. Pada tanggal 20 Mei 2010 Android 2.2 Frozen Yoghurt alias Froyo ini dirilis. Android 2.2. Frozen Yoghurt memiliki fitur-fitur seperti USB tethering, Portabel WiFi Hotspot, dan Push Nofitification.

Android 2.3 Gingerbread

(Gambar Logo Android 2.3 Gingerbread)

Tanggal 6 Desember 2010 Android 2.3-2.31 Gingerbread dirilis kemudian disusul versi 2.3.3-2.3.7 pada tanggal 9 Februari 2011. Pada versi ini memiliki fitur Sensor yang lebih akurat, penyalinan teks terseleksi dan akurasi keyboard yang meningkat dan dukungan kamera depan.

Android 3.0 & 3.2 Honeycomb

(Gambar Logo Android 3.0 & 3.2 Honeycomb)

Mungkin versi android yang satu ini agak asing ditelinga pengguna smartphone. Karena versi ini hanya diperuntukan khusus untuk perangkat tablet. Android 3.0 & 3.2 Honeycomb dirilis pada tanggal 10 Mei 2011.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

(Gambar Logo Android 4.0 Ice Cream Sandwich)

Setelah merilis versi untuk tablet, android kembali merilis android untuk pengguna smartphone. Pada tanggal 19 Oktober 2011 Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis. Pada versi ini banyak memberikan pembaruan.

Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean

Urutan Versi Android
(Gambar Logo Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean)

Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean pertama kali dirilis pada Juni 2012 dengan membawa peningkatan di sektor pengolahan grafis. Versi ini memberikan peningkatan fungsi pada user interface dengan teknologi sinkronasi vertical (Vsync) untuk meningkatkan grafis.

Android 4.4 KitKat

(Gambar Logo Android 4.4 KitKat)

Pertama kali rilis pada Oktober 2013, versi ini menggunakan nama brand cemilan terkenal dengan nama Android 4.4 KitKat. Versi ini bisa dikatakan menjadi favorit karena mendukung hampir seluruh perangkat smartphone di dunia.

Android 5.0 & 5.1 Lollipop

(Gambar Logo Android 5.0 & 5.1 Lollipop)

Setelah versi sebelumnya, Android dan Google mulai rutin memperbarui sistem operasi mereka. Android merilis Android 5.0 & 5.1 pada Juni 2014. Versi android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang memungkinkan penggunaan RAM di atas 3GB.

Android 6.0 Marshmallow

Urutan Versi Android
(Gambar Logo Android 6.0 Marshmallow)

Sebenarnya Android ini sudah diperkenalkan sejak Mei 2015 dengan nama Android M, tetapi baru dirilis pada 19 Agustus 2015 dengan nama Android 6.0 & 6.0.1 Marsmallow. Android ini fokus pada peningkatan user-experience, fingerprint sensor, dan lain-lain.

Android 7.0 & 7.1 Nougat

(Gambar Logo Android 7.0 & 7.1 Nougat)

Sistem Android ini masih digunakan dibeberapa smartphone yang keluaran terbaru. Pada Juni 2016 Android 7.0 & 7.1 Nougat diperkenalkan. Android ini memiliki fitur baru yaitu splitscreen yang bisa dipakai untuk membuka 2 aplikasi secara bersamaan.

Android 8.0 & 8.1 Oreo

(Gambar Logo Android 8.0 & 8.1 Oreo)

Versi ini menjadi sistem operasi android terbaru yang banyak digunakan saat ini. Android 8.0 & 8.1 Oreo dirilis pada Agustus 2017. Versi ini menawarkan pengalaman multitasking yang mumpuni dibanding versi sebelumnya.

Android 9.0 Pie

Urutan Versi Android
(Gambar Logo Android 9.0 Pie)

Android ini adalah versi paling baru yang dirilis pada Agustus 2018. Nama dari versi ini adalah Android 9.0 Pie. Versi ini banyak mengalami perubahan seperti interface baru, terdapat fitur sistem notifikasi dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Mengecek HP Xiaomi

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang urutan versi android dari awal sampai yang terbaru. Semoga setelah ini sobat semakin mengetahui urutan versi android dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat bagi sobat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya.

Terima kasih. (^_^)

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

7 Replies to Urutan Versi Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *