√ Rumus Pengurangan Excel dan Rumus Penjumlahan Excel Lengkap
rumus pengurangan excel
KOMPUTER, MICROSOFT EXCEL

√ Rumus Pengurangan Excel dan Rumus Penjumlahan Excel Lengkap

Rumus Pengurangan Excel – Untuk urusan hitung menghitung di PC ataupun Laptop, sudah pasti jawabannya adalah Microsoft Excel. Dengan menggunakan Microsoft Excel, semua pekerjaan hitung menghitung akan jauh lebih mudah dan akurat. Yang terpenting kita harus teliti dan tidak salah dalam memasukan data.. hehe….

Maka dari itu Microsoft Excel menyediakan banyak sekali rumus yang bisa digunakan untuk menghitung semua jenis pekerjaan perhitungan dan logika. Salah satu dari semua rumus itu adalah rumus pengurangan. Sebenarnya ini adalah hal sepele, karena dengan menggunakan kalkulator pun sudah bisa. Namun dengan menggunakan Microsoft Excel, hasilnya akan lebih akurat, karena Microsoft Excel dapat mengurangi sampai milyaran. Sedangkan kalkulator angkanya terbatas.

Tapi masih banyak saja orang yang tidak tau cara menggunakan rumus pengurangan pada Microsoft Excel. Maka dari itu, kali ini gurukece akan membahas artikel tentang Rumus Pengurangan Excel. Selain itu gurukece juga akan membahas Rumus Penjumlahan Excel. Oke bagi sobat yang ingin tau caranya, Let’s Kuy Gaskeun…

Baca Juga : Cara Membuat Rumus di Excel

Rumus Pengurangan Excel

Rumus pengurangan sebenarnya adalah rumus paling sederhana dan gampang sekali, karena tidak memerlukan banyak simbol yang digunakan. Cukup menggunakan tanda sama dengan (=) sama tanda minus (-). Untuk caranya sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

# Rumus Pengurangan Langsung

Rumus ini adalah rumus yang langsung dilakukan pada satu sel. Untuk rumusnya sobat sobat hanya perlu menuliskan “=angka pertama-angka kedua” lalu tekan enter. Maka hasilnya akan langsung muncul. Misalkan “=14-10” lalu tekan enter, maka pada sel tersebut akan muncul hasilnya yaitu 4.

Untuk pengurangan lebih dari satu sobat tinggal tambah saja tanda minus (-) dan angka seterusnya. Misalkan “=20-5-4-3” dan seterusnya, bila sudah di enter maka akan muncul hasilnya.

# Rumus Pengurangan Antar Sel

Selain rumus pengurangan langsung, ada juga rumus pengurangan antara sel. Rumus antara sel ini adalah angka yang terdapat di setiap sel akan dikurangkan. Caranya adalah “=sel1-sel2” dan seterusnya tergantung berapa sel yang terdapat angka yang akan dikurangkan. Contohnya pada gambar dibawah ini.

rumus pengurangan excel

Pada sel A1 akan dikurangi sel B1, maka untuk menggunakan rumus sobat ketikan pada sel C1 tanda sama dengan (=) terus klik sel A1, setelah itu tekan tanda minus (-) pada keyboard lalu klik sel B1, terus tekan enter maka hasilnya akan muncul. Bila banyak sel yang akan dikurangkan, sobat lakukan langkah yang sama, sampai semua sel sudah dimasukan ke dalam rumus.

Rumus Penjumlahan Excel

Kalau ada rumus pengurangan, sudah pasti ada rumus penjumlahan hehe… untuk rumus penjumlahan caranya sama dengan rumus pengurangan, hanya saja tanda minus (-) diganti menjadi tanda tambah (+). Sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

# Rumus Penjumlahan Langsung

Rumus penjumlahan langsung adalah rumus yang dilakukan langsung pada satu sel. Rumusnya adalah “=angka pertama+angka kedua” dan seterusnya lalu tekan enter. Contohnya “=20+10”. Bila terdapat lebih dari dua penjumlahan, sobat lakukan langkah yang sama, contohnya “=20+10+5+15”.

# Rumus Penjumlahan Antar Sel

Untuk rumus penjumlahan antar sel, sobat ketikan dibelakang sel terakhir yaitu “=sel1+sel2” misalkan angkanya terdapat di sel A1 dan B1, maka pada sel C1 sobat ketikan sama dengan (=) lalu sobat klik sel A1, terus sobat ketikan tanda tambah (+) lalu klik sel B1. Bila sudah sobat tekan enter, maka hasilnya akan muncul. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

rumus pengurangan excel

Tapi bila yang dijumlahkan lebih banyak, menggunakan cara tersebut pasti memakan waktu. Untuk rumus penjumlahan sebenarnya terdapat formula yang bisa digunakan, yaitu formula SUM. Dengan menggunakan formula SUM, penjumlahan dengan jumlah banyak bisa diselesaikan dengan sekejap. Caranya adalah sobat ketikan “=SUM(number1:number2:dst)”, number 1 disini adalah angka yang terdapat pada sel 1 dan seterusnya. Untuk number 1 dan seterusnya sobat tidak perlu klik satu persatu, sobat tinggal drag saja dari sel 1 sampai sel terakhir yang akan dijumlahkan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

rumus pengurangan excel

Baca Juga : Cara Merubah PDF ke Excel

Akhir Kata

Sekian artikel tentang Rumus Pengurangan Excel dan Rumus Penjumlahan Excel. Masih banyak rumus yang belum gurukece bahas, mungkin lain kali akan gurukece bahas. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya. Bye…

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *