cara screenshot hp oppo
ANDROID

√ 4 Cara Screenshot HP OPPO, Fitur Screenshot & Quick Gesture OPPO

Cara Screenshot HP OPPO – Screenshot adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh hampir semua hp yang berfungsi untuk mengambil gambar atau menangkap layar yang aktif. Biasanya pengguna hp menggunakan fungsi screenshot untuk mengambil gambar biasanya hasil chat, game dan lainnya untuk dibagikan kepada seseorang atau untuk simpanan pribadi.

Salah satu merk hp yang mempunyai fitur ini adalah OPPO. Selain OPPO terkenal dengan kualitas kameranya, OPPO juga mempunyai banyak fitur seperti screenshot. Ada beberapa cara melakukan screenshot di hp OPPO seperti menggunakan tombol kombinasi, menggunakan quick gesture atau menggunakan aplikasi screenshot.

Bila sobat yang baru membeli hp OPPO dan tidak tau cara screenshot? Tenang disini gurukece.com akan memberi tau 4 cara screenshot hp OPPO. Oke langsung saja simak, Let’s Kuy…

Baca Juga : Cara Membersihkan Kamera HP

4 Cara Screenshot HP OPPO

#1. Menggunakan Tombol Power dan Tombol Volume Down

Cara yang satu ini adalah cara umum yang digunakan untuk screenshot pada semua merk hp tak terkecuali hp OPPO. Dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan maka otomatis hp akan mengambil gambar. Cara ini adalah cara yang mudah dan paling sederhana.

Langkah yang harus dilakukan adalah tekan tombol power dan volume down secara bersama, setelah itu layar akan merespon. Bila layar berkedip dan terdapat bunyi cekrek maka screenshot berhasil. Biasanya bila berhasil maka kita akan dibawa langsung ke hasil screenshotnya.

#2. Menggunakan Tombol Power dan Tombol Volume Up

Selain kombinasi tombol power dan volume down, screenshot juga bisa menggunakan kombinasi tombol power dan volume up. Bila sobat menekan tombol power dan volume up secara bersama maka akan muncul tampilan disebelah kanan layar. Tampilan ini mempunyai fitur Screenshot Area, Next Page dan Save.

#Fitur Screenshot Area, Next Page dan Save

Screenshot Area berfungsi untuk mengambil gambar atau screenshot pada layar aktif seperti pada umumnya. Tetapi dengan screenshot area sobat bisa menyeleksi mana yang akan di ambil gambarnya sehingga sobat tidak perlu mengambil gambar satu layar penuh. Untuk mengambil gambar sebagian sobat tinggal menggeser bulatan putih ke area yang akan diambil gambarnya saja lalu klik save.

Next Page mempunyai fungsi untuk mengambil gambar yang panjang seperti makalah, artikel, ataupun chat. Dengan menggunakan fungsi ini sobat tidak perlu screenshot satu persatu. Namun fungsi next page mempunyai batasan yaitu maksimal 8 kali tangkapan. Lalu sobat tinggal klik save.

Save berfungsi untuk menyimpan hasil pengambilan gambar atau screenshot.

#3. Menggunakan Fungsi Quick Gesture OPPO

Dengan menggunakan fungsi Quick Gesture, sobat tidak perlu lagi menekan tombol power dan volume up/down. Karena quick gesture adalah cara yang paling praktis. Hanya dengan menggunakan jari, sobat sudah bisa melakukan screenshot.

Cara mengaktifkan quick gesture pada hp OPPO adalah pertama sobat buka menu Settings / Pengaturan, lalu cari Gesture and Motion. Pada menu Gesture and Motion cari Quick Gesture, lalu pilih Gesture Screenshot.

Jika fitur ini sudah aktif, buka halaman yang ingin sobat screenshot. Lalu lakukan gerakan dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sobat secara bersamaan. Jika layar berkedip dan terdengar bunyi cekrek maka screenshot berhasil.

#Cara Mengaktifkan Fitur Bola Bantu

Selain menggunakan gerakan 3 jari, sobat juga bisa menggunakan fitur bola bantu. Untuk mengaktifkannya sobat tinggal masuk ke menu Pengaturan > pilih Cerdas & Nyaman > pilih Bola Bantu > lalu pilih mode operasi “Ketuk Menu”. Bila sudah aktif maka akan muncul bola kecil di bagian layar bila di ketuk maka akan muncul menu pintasan termasuk screenshot.

#4. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain 3 cara diatas, sobat juga bisa mendownload aplikasi tambahan pada playstore. Sobat tinggal cari aplikasi screenshot di playstore dan pilih aplikasi sesuai kehendak sobat. Lalu untuk melakukan screenshot sobat tinggal ikuti langkah-langkah yang ada pada aplikasi yang sobat download. Contoh aplikasi screenshot antara lain Screen Master, Screenshot Touch, Screenshot Capture Recorder, Screenshot and Screen Recorder, Screenshot Easy dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Menambah RAM HP

Akhir Kata

Itulah ulasan 4 cara screenshot HP OPPO. Semoga setelah membaca artikel ini sobat bisa melakukan screenshot pada hp OPPO sobat. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel dari gurukece.com selanjutnya. Terima kasih (^_^)

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

2 Replies to Cara Screenshot HP OPPO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *