√ Cara Membuat Mail Merge di Word Dengan Mudah Pahami [lengkap]
cara membuat mail merge
MICROSOFT WORD

√ Cara Membuat Mail Merge di Word Dengan Mudah Pahami [lengkap]

Cara Membuat Mail Merge – Hai Sobat… apa kabar? Baik kan….. Oh iya kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Mail Merge. Dari kalian pasti pernah membuat surat undangan ataupun label undangan… surat undangan / label undangan tersebut memiliki satu format tetapi dengan tujuan yang berbeda, bila kita menulisnya satu persatu pasti akan memakan waktu yang lama. Untuk itulah Mail Merge digunakan untuk mempersingkat waktu sobat membuat surat undangan / label undangan.

Oke… mari kita bahas…

#Cara Menambah Kolom Pada Excel

Pada artikel kali ini saya akan menggunakan fungsi Mail Merge untuk membuat sebuah label undangan. Tetapi sebelum membuat label undangan yang kita perlukan adalah menyusun nama dan alamat penerimanya terlebih dahulu.

Untuk menyusun nama dan alamat kita perlu menggunakan Microsoft Excel. Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara menambah kolom pada Excel? Mari kita bahas…. Let’s GO…

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka Microsoft Excel terlebih dahulu, disini saya menggunakan Microsoft Excel 2019. Setelah kita buka mulailah kita mengetik nama-nama dan alamat yang dituju untuk dibuat label.

Setelah selesai, ternyata sobat lupa menuliskan “di” diantara kolom A (Nama) dan kolom B (Alamat). Untuk menambahkan kolom di antara kolom Nama dan Alamat caranya adalah letakan kursor di kolom B (Alamat), klik Menu Home, pilih kolom Cell, Pilih Insert terus pilih Insert Sheet Columns.

Atau bisa juga menggunakan cara kedua yaitu klik kanan pada kolom B, terus pilih insert otomatis akan menambahkan satu kolom lagi diantara kolom A dan kolom B.

Setelah selesai, tinggal sobat ketikan “di” sampai selesai, terus kita simpan file dengan nama dokumen label undangan.

Cara Membuat Daftar Tabel

Sebelum kita masuk ke Mail Merge yang sobat perlukan adalah membuat daftar tabel di word. Sebelumnya saya pernah pernah membuat label undangan mengikuti cara-cara yang bertebaran di internet sobat juga pernah kan. Tapi bagi saya itu terlalu ribet dan susah untuk dihafalkan karena terlalu banyak cara. Ini adalah cara yang saya pakai bila ingin membuat label undangan yaitu menggunakan tabel. Lebih mudah dan praktis dan tidak terlalu ribet (^_^).

Pertama-tama adalah buka dulu Microsoft Word sobat, lalu ubah ukuran kertas menjadi ukuran kertas label undangan yaitu 20,4 cm x 16,5 cm.

Lalu ubah margin menjadi 0 semuanya.

Bila muncul kotak dialog seperti dibawah ini setelah klik OK, pilih saja Ignore.

Terus sobat buat tabel dengan cara klik Menu Insert – Tables – Insert Table. Buat Columns menjadi 3 dan rows menjadi 4.

Lalu akan menjadi seperti ini.

Tapi kenapa tidak full satu kertas. Untuk membuat full satu kertas tarik kotak putih yang ada di bagian bawah kanan tabel.

Setelah di drag akan menjadi seperti ini.

#Cara Membuat Mail Merge

Setelah sobat membuat tabel tinggal sobat mail merge dengan cara klik Menu Mailings, pilih Select Recipients terus pilih Use an Existing List.

Lalu pilih file Excel yang bernama Label Undangan yang sebelumnya telah sobat buat.

Lalu klik Open. Setelah dibuka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini pilih Sheets1$ lalu klik OK.

Untuk memasukan nama dan alamat pilih Insert Merge Field terus klik Nama terus di dan Alamat menjadi satu kolom.

Lalu copy kan kolom yang berisi nama, di, alamat ke kolom selanjutnya, tetapi sebelum di paste kita harus menambahkan “Next Record” agar muncul nama selanjutnya dengan cara pilih Rules terus pilih Next Record.

cara membuat mail merge

Lakukan langkah tersebut sampai ke kolom 12 dan akan menjadi seperti ini.

cara membuat mail merge

Untuk memunculkan nama klik Preview Results di Menu mailings.

cara membuat mail merge

Bila sudah selesai kita klik Finish & Merge pilih Edit Individual Documents, pilih All lalu klik OK untuk memunculkan semua nama.

cara membuat mail merge

Bila sudah klik OK akan muncul semua nama dan bila ada kesalahan nama dan alamat bisa di edit. Setelah selesai dokumen siap di print.

cara membuat mail merge

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi dan tunggu artikel-artikel selanjutnya dari gurukece.com.

Bye…bye… (^_^)

Hobi Nge-Game, Seneng Nulis, Suka dengan Teknologi

You might also like

3 Replies to Cara Membuat Mail Merge

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *